Arsitek: Samoo Architects &Engineers
Lokasi: Sejong-daero, Jongno-gu, Seoul, South Korea
Kerjasama: KeunJeong Architects & Engineers Inc
Luas: 21076.0 sqm
Tahun: 2013
Fotografi: Young Chae Park

 

 
.


Dari arsitek. The Nasional Perpustakaan dari Sejong kota merupakan fasilitas cabang pertama dari Perpustakaan Nasional Korea dan rencananya akan dibangun di Administratif multifungsi Kota Korea, yang juga dikenal sebagai Sejong City. Dirancang oleh SAMOO Architects & Engineers dengan bermotif dari halaman buku yang dibalik, sebuah bentuk geometri sederhana dari kertas halus melengkung yang merupakan dasar dari rancangan dan menciptakan garis unik untuk mudah dikenali sebagai salah satu bangunan landmark kota. Sebagaimana salah satu strategi dalam perancangan bangunan, perpustakaan ini juga direncanakan untuk menjadi Perpustakaan Emosional, tempat di mana analog dan digital format menyatu untuk kenyamanan pengguna dan untuk memaksimalkan perpustakaan.



bangunan ini direncanakan untuk menjadi sumber daya dan dukungan fasilitas besar yang baru saja pindah dari kompleks pemerintah pusat, perpustakaan ini akan menjadi infrastruktur yang penting bagi pemerintah serta warga setempat. Di dalam perpustakaan ini, ada ruang terbuka yang luas dengan pemandangan indah dari sebuah danau yang memberikan suasana utama bagi pengguna perpustakaan, sementara alun pejalan kaki yang berada di pusat membentuk ruang terbuka untuk menyambut pengunjung di dalam gedung. Ruang terbuka yang luas itu menyediakan konektivitas di seluruh ruang perpustakaan yang juga membantu pengguna dalam cara-temuan. Ruang bacaan paling banyak berada di lantai 1 dan 2 dengan tata letak yang terbuka & aksesibilitas yang mudah. Ruang Seminar & fasilitas konferensi ini terletak di lantai 3 sedangkan lantai paling atas menyediakan fasilitas makan & teras atap dengan pemandangan terbuka ke sekitarnya.


Karena bentuknya yang unik dan geometri bangunan, proyek ini diawali dengan BIM (Building Information Modeling) dari awal. Elemen struktur utama seperti pelat, kolom, dan inti dimodelkan dengan BIM untuk memastikan terwujudnya dari program yang dibutuhkan sekaligus sebagai Konstruksi gedung. BIM menyediakan solusi untuk simulasi pra-konstruksi interoperabilitas antara berbagai disiplin ilmu dan pembuatan panel yang unik dan sistem dinding tirai yang mendasar terhadap geometri yang unik dari proyek ini.



Dengan diselesaikannya konstruksi baru ini, perpustakaan saat ini sedang dalam tahap persiapan untuk pembukaan resmi pada akhir tahun 2013. Sebagai fasilitas landmark yang unik, perpustakaan ini akan menjadi aset penting untuk kota yang menyediakan platform untuk kegiatan budaya & interaksi.




 archdaily, National Library of Sejong City / Samoo Architects &Engineers (online).< www.archdaily.com/433197/national-library-of-sejong-city-samoo-architects-and-engineers/?ad_medium=widget&ad_name=selected-buildings&ad_content=433197>, Mei 2014